Rabu, 18 Januari 2012

Sejarah Linux dan Penciptanya

Linux adalah sebuah kernel sistem operasi yang diciptakan oleh Linus Benedict Torvalds. Linus lahir pada tanggal 26 Desember 1969 di kota Helsinki, Finlandia. Beliau memiliki bakat di bidang komputer ,bakatnya terlihat ketika ia menginjak umur 10 tahun. Pada saat itu Linus menjadi asisten kakeknya yang seorang profsor statik di sebuah perguruan tinggi universitas helsinki. Linus mempelajari dasar-dasar pemrograman dengan menggunakan komputer Commodore VIC-20.
Saat Linus lulus dari sekolah tinggi dan ia diterima di perguruan tinggi Universitas Helsinki jurusan ilmu komputer.
Dalam proses perkuliahan Linus belajar tentang sistem operasi UNIX, bahasa pemrograman C,dll. Sistem Operasi UNIX ini yang membuat hatinya semakin menarik minatnya. Pada saat itu sistem operasi yang sedang tenar yaitu UNIX (dikontrol perusahaan AT&T) sangat mahal untuk membeli source code nya. Namun Linus mencari jalan lain dengan mencoba sistem operasi MINIX yang diciptakan oleh Dr. Andrew Tanenbaum (Seorang ahli komputer dan pengarang bahasa C). MINIX sendiri adalah singkatan dari (Minimal Unix) merupakan tiruan dari UNIX diciptakan untuk mengajar mahasiswa tentang cara kerja internal sistem operasi, MINIX dapat dibeli dari disket dan tersedia source codenya di buku.
Namun karena si pencipta MINIX ini tidak ingin sistem operasinya dibuat rumit dan terlalu booming, maka Linus pun frustasi dan tergerak untuk membuat sebuah sistem operasi ciptaannya sendiri melalui source code MINIX yang bersifat terbuka atau open-source.
Pada pertamanya Linus mengirimkan sebuah pesan singkat email kepada komunitas yang bertujuan menjalin kerjasama dengan bahasa tidak menyombongkan diri ,Pesan tersebut akhirnya mendapat tanggapan positif dan mendapatkan respon yang luar biasa dari berbagai programmer-programmer hebat, setelah menjalin kerjasama programmer-programmer hebat itu pun (termasuk Linus) bahu-membahu mengembangkan kernel sistem operasi baru, dan akhirnya sistem operasi tersebut diberi nama “LINUX” ,nama LINUX pun adalah sebuah singkatan dari “Linus MINIX”.
LINUX sendiri bersifat open source, maka jangan heran banyak distro-distro LINUX yang ikut mengembangkan kernel tersebut.
Kenapa sih Logo atau maskot dari LINUX adalah gambar pinguin ? ,sebenarnya LINUX dulu tidak mempunyai sebuah maskot atau logo, namun tanpa disengaja sewaktu Linus berlibur ke daerah selatan jari Linus digigit oleh hewan pinguin hingga demam berhari-hari, peristiwa tersebut terinspirasi membuat LINUX bertrademark logo pinguin, pinguin tersebut juga mempunyai nama Torvald’s Unix yang disingkat TUX, pembuat logo tersebut adalah seniman Larry Ewing dan pemberian seluruh nama ini ditanggungjawabkan oleh James Hughes. Sehingga LINUX pun resmi dan terdaftar sebagai Sistem Operasi.

0 komentar:

Posting Komentar